Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Ada banyak jenis motor yang sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas. Salah satu motor yang sangat menguntungkan memang jenis motor listrik. Karena dengan motor listrik kamu tidak perlu lagi harus keluar biaya untuk membeli bahan bakar.

Dibalik hemat biaya bensin dari memiliki motor listrik, selalu ada kelemahan dibalik sebuah barang bukan? Nah, sebelum Anda buru-buru ingin membeli motor listrik. Mari kita simak terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari motor listrik dibawah ini!

2 Kelebihan Motor Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

  • Tidak Perlu Biaya Bensi

Karena motor listrik cuma perlu menggunakan batreai, kamu bisa menghemat uang besin.

  • Kecepatan Bisa di Atur

Kelebihan motor listrik yang pertama adalah kemudahan dalam penggunaannya. Perlu kamu ketahui bahwa motor listrik punya tenaga yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Efeknya, hal tersebut tentunya akan sangat berguna saat motornya dibawa berkendara di jalan perkotaan. Sebagai contoh, motor listrik dengan tenaga setara mesin motor konvensional berkapasitas 125 cc punya kecepatan yang bisa dibatasi hingga 40 km per jam.

  • Ramah Lingkungan

Kelebihan motor listrik yang berikutnya adalah ramah lingkungan! Yap, karena menggunakan teknologi listrik, motor listrik tentu tidak mengeluarkan emisi gas yang bisa menyebabkan pencemaran udara. Menariknya lagi, sebanyak 95 persen baterai bisa didaur ulang untuk digunakan kembali.

Baca Juga: Kawasaki ZX-25R 2021 Resmi Keluarkan

3 Kekurangan Motor Listrik

Kekurangan Motor Listrik

  • Jarak Tempuh Terbatas

Berbeda dengan motor yang menggunakan bahan bakar bensin, mereka bisa menempuh jarak sejauh apapun asal persediaan bensin masih ada. Tidak halnya dengan motor listrik, karena energi berasal dari baterai yang di isi listrik. Maka jarak tempuh pun terbatas, energi ini hanya mampu menyimpan daya untuk beberapa jam.

  • Bahaya Digunakan Saat Banjir

Untuk motor bebek / matic mungkin masih bisa bertahan dalam beberapa waktu melewati genangan air karena banjir. Untuk motor listrik sendiri tidak bisa beroperasi dalam genangan air. Bahkan akan ada potensi mesin meledak ketika Anda memaksa memakai motor listrik didalam genangan air.

  • Suku Cadang Mesin Masih Sulit

Kenapa pengguna motor listrik masih sedikit? Point karena masalah sulitnya mencari spare part / suku cadang masih langka. Bahkan bengkel umum yang mampu servis motor listrik di Indonesia sangatlah jarang, bisa dikatakan belum ada, terutama terkait persoalan baterai.